Assalamualaikum Wr.Wb
Disini saya kan menjelaskan mengenai Roadmap
A. Pengertian
Apa itu Roadmap
Roadmap adalah rencana rinci yanag memuat tahapan sistematis mengenai pelaksanaan suatu program kegiatan dalam kurun wakttu tertentu.
B. Tujuan
Disini saya kan menjelaskan mengenai Roadmap
A. Pengertian
Apa itu Roadmap
Roadmap adalah rencana rinci yanag memuat tahapan sistematis mengenai pelaksanaan suatu program kegiatan dalam kurun wakttu tertentu.
B. Tujuan
-
Menjadi instrumen yang akan memandu perubahan di lingkungan kegiatannya sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya.
-
Menjadi instrumen yanag mempersatukan seluruh kegiatan dalam lingkungna yang membatasinya
-
Menjadi instrumen yang meberika petunjuk tentang darimana dan akan kemana perubahan dilakukan dalam rangka mensukseskan program.
-
Merupakan dokumen yang menjadi acuan melakukan perubahan setiap individu di bidangnya.
-
Jelas : road map harus mudah di pahami dan dapat di laksanakan.
-
Ringkas: road map di sajikan secara ringkas dan padat sesuai format yanag di tentukan.
-
Terukur : program, kegiatan, target, waktu, outputs, dan outcoms harus dapat diukur.
-
Adjustable : road map dapat mengakomodasikan umpan balik dan perbaikan yang di perlukan.
-
Terinci : road map merupakan rincian dari pelaksanaan kegiatan dan hasil kegiatan tersebut.
-
Komitmen : road map merupakan kesepakatan bersama yang memberikan gambaran kesadaran akan tnggungjawab yang harus di selesaikan.
-
Dokumen resmi : road map harus menjadi dokumen resmi yang dapat di tetapkan dalam lingkungan kerja yang bersangkutan.
-
Ringkasan eksekutif
-
Pendahuluan
-
Konsolidasi rencana aksi program dan kegiatan:
- Pencapaian
-
melaksanakan assessment terhadap kondisi organisasi saat ini.
-
mengidentifikasi berbagai permasalahan yang memberikan pengaruh pada
pencapaian kinerja organisasi.
-
mengidentifikasi berbagai pencapaian kinerja dan faktor yang menjadi
kunci keberhasilan.
-
Rencana:
-
melakuakn assessment terhadap kondisi kinerja saat ini.
-
mengidentifikasi berbagai kelemahan yang perlu di perbaiki agar
memiliki kemampuan untuk mewujudkan kinerja organisasi yang di
harapkan.
-
merumuskan tujuan dan sasaran (tahunan).
-
menyusunkan rencan program, kegiatan dan tahapan kerja.
-merumuskan agenda prioritas
-
Kriteria keberhasilan:
Indikator
adalah sebuaha instrumen yang memberikan informasi atau sebuah
variabel , yang bertujuan mengukur variabel perubahan atau proses.
Dari
jenisnya indikator dapat di bedakan menjadi indikator keluaran
(output) dan indikkator hasil (outcom) smentara dari cara pengukuran
dapat di bedakan kepada indikator kuantitas (kuantitative indicator).
-
Agenda prioritas
-Dampak
yang di timbulkan dari kegiatan dan aktivitas (tahapan kerja) yang di
lakuakan terhadap setiap kinerja saat ini.
-Dampak
yang di timbulkan dari kegiatan & aktivitas (tahapan kerja) yang
di lakukan terhadap kegiatan dan aktivitas (tahapan kerja) lainnya.
Sekuensi
dari kegiatan dan aktivitas (tahap kerja) lainnya.
-
Tahapan Pelaksanaan
Komentar
Posting Komentar