Langsung ke konten utama

Enkapsulasi dan Dekapsulasi

 Assalamualikum Wr.Wb
Disini saya akan menjelaskan sedikit mengenai Enkapsulasi dan Dekapsulasi
Hasil gambar untuk enkapsulasi dan dekapsulasi
A.Pengertian
  • Enkapsulasi adalah metode merancang protokol komunikasi modular di mana fungsi logis terpisah dalam jaringan disarikan dari struktur dasarnya oleh inklusi atau informasi yang tersembunyi di dalam objek tingkat yang lebih tinggi.
  • Decapsulation adalah proses pembukaan data yang dienkapsulasi yang biasanya dikirim dalam bentuk paket melalui jaringan komunikasi. Ini dapat didefinisikan secara harfiah sebagai proses membuka kapsul, yang, dalam kasus ini, mengacu pada data yang dienkapsulasi atau dibungkus.
B.Latar belakang
  • Sebelum mengirim data,data terlebih dahulu dibungkus(dienkapsulasi).Dan setelah diterima,maka data akan dibuka(didekapsulasi)
C.Maksud dan Tujuan
  • Mempermudah pengiriman data yang terstruktur
D.Hasil yang diharapkan
  • Mengerti proses pengiriman dan penerimaan data
E.Alat dan Bahan
  • PC
  • Internet
F.Jangka waktu pelaksanaan
  • 15 menit
G.Tahap pelaksanaan
  • Proses Enkapsulasi:
Ketika data tiba di lapisan transport, protokol pada layer memulai proses enkapsulasi data. Hasil akhirnya tergantung pada apakah TCP atau UDP telah menangani informasi tersebut.

  Segmentasi TCP
TCP sering disebut protokol "connection-oriented" karena memastikan pengiriman data yang berhasil ke host penerima.TCP membagi data yang diterima dari lapisan aplikasi ke dalam segmen dan menempelkan header ke setiap segmen.
Header segmen berisi port pengirim dan penerima, informasi pemesanan segmen, dan field data yang dikenal sebagai checksum . Protokol TCP pada kedua host menggunakan data checksum untuk menentukan apakah data telah ditransfer tanpa kesalahan.

  Membangun Koneksi TCP
TCP menggunakan segmen untuk menentukan apakah host penerima siap menerima data. Ketika pengirim TCP ingin menjalin koneksi, ia mengirim sebuah segmen yang disebut SYN ke protokol TCP peer yang berjalan di host penerima. TCP penerima mengembalikan sebuah segmen yang disebut ACK untuk mengakui keberhasilan penerimaan segmen tersebut. Pengiriman TCP mengirimkan segmen ACK lain, kemudian mengirimkan data. Pertukaran informasi kontrol ini disebut sebagai jabat tangan tiga arah .

  Paket UDP
UDP adalah protokol "tanpa koneksi". Tidak seperti TCP, tidak memeriksa untuk memastikan bahwa data tiba di host penerima. Sebagai gantinya, UDP menerima pesan yang diterima dari lapisan aplikasi dan memformatnya menjadi paket UDP . UDP menempelkan header ke setiap paket, yang berisi port host pengirim dan penerima, field dengan panjang paket, dan checksum.
Proses pengiriman UDP mencoba mengirim paket ke proses UDP rekannya di host penerima. Lapisan aplikasi menentukan apakah proses UDP yang diterima mengakui bahwa paket telah diterima. UDP tidak memerlukan pemberitahuan tanda terima. UDP tidak menggunakan jabat tangan tiga arah.

  Lapisan Internet
Baik TCP dan UDP meneruskan segmen dan paket mereka ke lapisan Internet, di mana mereka ditangani oleh protokol IP. IP mempersiapkan mereka untuk pengiriman dengan memformatnya ke dalam unit yang disebut IP datagrams. IP kemudian menentukan alamat IP untuk datagrams, sehingga bisa dikirim secara efektif ke host penerima.

  IP Datagrams
IP menempelkan header IP ke header segmen atau paket selain informasi yang ditambahkan oleh TCP atau UDP. Informasi dalam header IP mencakup alamat IP dari host pengirim dan penerima, panjang datagram, dan urutan urutan datagram. Informasi ini diberikan jika datagram melebihi ukuran byte yang diijinkan untuk paket jaringan dan harus terfragmentasi.

  Lapisan Data-Link - Membingkai Membuka Tempat
Protokol lapisan data-link, seperti PPP, memformat datagram IP menjadi bingkai . Mereka melampirkan header ketiga dan footer untuk "membingkai" datagram. Header bingkai mencakup bidang pemeriksaan redundansi siklik (CRC) yang memeriksa kesalahan saat frame bergerak melalui media jaringan. Kemudian layer data-link melewati frame ke layer fisik.

  Lapisan Jaringan Fisik - Menyiapkan Bingkai Transmisi
Lapisan jaringan fisik pada host pengirim menerima frame dan mengubah alamat IP menjadi alamat perangkat keras yang sesuai dengan media jaringan. Lapisan jaringan fisik kemudian mengirimkan frame keluar melalui media jaringan.
  • Proses Dekapsulasi:

Ketika paket tiba di host penerima, ia melakukan perjalanan melalui tumpukan protokol TCP / IP dalam urutan terbalik dari yang dibutuhkan pengirim.Selain itu, setiap protokol pada host penerima melepaskan informasi header yang disertakan ke paket oleh rekannya di host pengirim. Inilah yang terjadi:

    Physical Network Layer menerima paket dalam bentuk frame-nya. Ini menghitung CRC dari paket, kemudian mengirimkan frame ke lapisan data link.

    Lapisan Data-Link memverifikasi bahwa CRC untuk frame benar dan menghapus header frame dan CRC. Akhirnya, protokol data link mengirimkan frame ke lapisan Internet.

    Lapisan Internet membaca informasi di header untuk mengidentifikasi transmisi dan menentukan apakah itu adalah fragmen. Jika transmisi terfragmentasi, IP memasang kembali fragmen-fragmen tersebut ke dalam datagram asli. Kemudian strip dari header IP dan melewati datagram untuk mengangkut protokol layer.

    Transport Layer (TCP dan UDP) membaca header untuk menentukan protokol lapisan aplikasi mana yang harus menerima data. Kemudian TCP atau UDP melepaskan header yang terkait dan mengirim pesan atau streaming ke aplikasi penerima.

    Application Layer menerima pesan dan melakukan operasi yang diminta oleh host pengirim.

H.Kesimpulan
  • Enkapsulasi sama dengan membungkus suatu barang.
  • Dekapsulasi sama dengan membuka bingkisan barang yang telah diterima

I.Referensi
  • https://www.techopedia.com/definition/25291/decapsulation
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Encapsulation_(networking)
  • https://docs.oracle.com/cd/E19455-01/806-0916/ipov-32/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Action Firewal Filter Rulesl di MikroTik

Assalamualikum Wr.Wb Disini saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis action firewall filter rules di Mikrotik A.Pengertian Firewall adalah suatu sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke dalam suatu jaringan internal. B.Jenis-jenisn Action Firewall Filter Rules Accept : paket diterima dan tidak melanjutkan membaca baris berikutnya Drop : menolak paket secara diam-diam (tidak mengirimkan pesan penolakan ICMP)  Reject : menolak paket dan mengirimkan pesan penolakan ICMP Jump : melompat ke chain lain yang ditentukan oleh nilai parameter jump-target Tarpit : menolak, tetapi tetap menjaga TCP connection yang masuk (membalas dengan SYN/ACK untuk paket TCP SYN yang masuk) Passthrough : mengabaikan rule ini dan menuju ke rule selanjutnya log : menambahkan informasi paket data ke log  C.Kesimpulan Banyak action yang ditwarkan oleh MikroTik.Penggunaan action sesuai kebutuhan dan keinginan D.Referensi https://mikrotikindo.blogspot.co.i

Pengertian Broadcast Domain dan Collision Domain beserta perbedaannya

Assalamualaikum Wr.Wb Disini saya akan membahas perbedaan Broadcast Domain dan Collision Domain A.Pengertian Broadcast Domain adalah pembagian logis dari jaringan komputer , di mana semua node dapat saling dijangkau oleh broadcast pada layer data link . Domain broadcast bisa berada dalam segmen LAN yang sama atau bisa dijembatani ke segmen LAN lainnya. Anggota broadcast domain juga bisa berupa perangkat atau komputer yang terhubung langsung ke switch atau repeater yang sama.Perangkat jaringan, seperti router, digunakan untuk memisahkan batas-batas broadcast domain. Collision Domain adalah segmen jaringan yang dihubungkan oleh media bersama atau melalui repeater tempat paket data saling bertabrakan saat dikirim. Domain tumbukan berlaku terutama di jaringan nirkabel , namun juga mempengaruhi versi awal Ethernet . Tabrakan jaringan terjadi bila lebih dari satu perangkat mencoba mengirim paket pada segmen jaringan secara bersamaan. Anggota domain benturan mungkin terlibat da